Blogger Widgets

Sabtu, 15 November 2014

Pengertian DEVELOPER, GM, dan PUBLISHER Game Online

DEVELOPER adalah perusahaan yang MEMBUAT game/program nya. Mereka yang mengerti secara teknis seluk beluk dari bug/error/cheat/update content in game dan sebagainya.

PUBLISHER adalah perusahaan atau individu yang HANYA MEMASARKAN atau menerbitkan game/program. Mereka biasanya kurang paham mengenai teknis dan seluk beluk dari bug/error/cheat karena Publisher tidak mempunyai Hak untuk mengetahui itu lebih jauh

Biasanya jika PUBLISHER menerima e-mail dari pemain/gamer mengenai bug/error/cheat maka mereka akan mengumpulkan semua informasi dulu,lalu dikirimkan kepada DEVELOPER untuk ditindak lanjuti. Prosesnya bisa berlangsung cepat ataupun lama tergantung dari DEVELOPERnya.

Lalu ada GM yang khusus mengurusi game itu sendiri. GM memang memiliki ketentuan dan kekuasaan khusus didalam game yang itu juga terbatas akan hal-hal tertentu saja dan bisa dipastikan juga fungsi GM untuk memfasilitasi ide, masukan, error, bug, cheat dari user yang kemudian diteruskan juga ke pihak DEVELOPER untuk ditindak lanjuti.

Untuk Update in Game juga begitu, hanya Developer Game yang berhak mengaturnya,walau GM"berteriak-teriak"meminta Update yang diingkan segera dirilis, tapi kalau Developer Gamenya tidak menerima, GM dan Publisher Game tidak bisa berbuat apa-apa

0 komentar:

Posting Komentar