Blogger Widgets

Sabtu, 15 November 2014

Pengertian Game RPG (Role Playing Games)

RPG

    RPG (Role Playing Games) atau di sebut Permainan Peran adalah permainan yang para pemainnya memainkan peran tokoh-tokoh khayalan yang di buat oleh publisher game tersebut dan memainkan sebuah alur cerita dari game tersebut dengan karakter yang dipakai adalah tokoh utama dalam alur cerita tersebut. Dan biasanya karakter utama yang kita pakai telah di tentukan oleh pembuat game, tapi tidak sedikit juga game menyediakan fitur sebelum bermain kita bisa memilih karakter, dan biasanya setiap karakter memiliki cerita yang bebeda namun saling berkaitan alur ceritanya. Biasanya karakter di lengkapi kemampuan yang bisa terus diupgrade seperti level, kemampuan serangan, kecepatan gerak, persentase menghindari serangan lawan, dan lain lain. Dan musuh musuh nya biasanya monster monster khayalan yang kekuatannya bergantung dari sudah sampai mana jalan cerita yang sudah di lalui atau wilayah yang sudah pernah di jajaki. 


    Dan di game RPG biasanya karakter utama memiliki musuh besar atau bisa disebut boss itu adalah musuh yang harus kita hadapi dan di kalahkan agar cerita game dapat terus berlanjut. Boss terakhir biasanya adalah antagonis utama atau antagonis kedua, karena terkadang dalam beberapa game RPG antagonis utama memiliki atasan (ketua) yang lebih hebat dari dirinya dan yang jadi boss terakhir. Dan di game RPG ini pemain akan berinteraksi dengan karakter karakter pembantu yang berkaitan dengan misi (Quest) yang nantinya akan menyambungkan bagian satu cerita dengan cerita yang lainnya. Biasanya ketika menyelesaikan Quest kita diberi hadiah yaitu berupa Uang dalam game (digunakan untuk membeli senjata, armor, kebutuhan saat bertarung ,dll) dan Poin Pengalaman (EXP Poin) yang dapat menaikkan level karakter. Di game RPG pun terdapat banyak teka teki yang terkadang membuat pusing para pemain atau bahkan dapat menjadi interest tersendiri bagi yang memainkan. Beberapa contoh game RPG populer : 

Final Fantasy Series di publikasikan oleh Sqare Enix (I,II,III, hingga yang terbaru) puncak eksistensi dari game ini adalah ketika ada series ke VII. Platform yang digunakan dari series awal sampai sekarang meliputi Nintendo hingga Play Station 3 dan XBOX 360.

Kingdom Hearts Series di publikasikan oleh Square Enix yang bekerja sama dengan Disney. Di dalam game ini melibatkan beberapa tokoh dalam sequel game Final Fantasy. Dalam game ini penulis hanya memainkan dalam platform Nintendo GBA dan Play Station 2.


Breath Of Fire Series game yang di publis oleh Capcom. Menceritakan seorang bocah bernama Ryu yang mempunyai kekuatan naga dan dapat berubah jadi naga. Penulis hanya memainkan pada series ke III dan IV pada platform Play Station One.

0 komentar:

Posting Komentar